Learning by Selling / Trading

contact:mh.yunianto@gmail.com
Rahasia Top 10 Besar Google


1. Kalau tidak pernah mencoba Linux, kita tidak akan pernah mengetahui ketangguhannya. Kalau hanya mendengarkan tanggapan minor / miring / negatif dari orang lain-apalagi orang yang tidak pernah pakai Linux-, kita tidak akan pernah berani mencobanya.Buat pengguna biasa mungkin tidak masalah tapi kalau seorang IT guys takut menggunakan Linux, apa kata dunia ?? Nggak salah ambil posisi pekerjaankah ?

2. Bingung memulai Linux ? Silakan bergabung dengan komunitas. Ada
komunitas OpenSUSE Indonesia. Ada Komunitas Ubuntu, Slackware dll. Sebagian besar pertanyaan anda bisa terjawab oleh orang-orang yang telah lebih dahulu menggunakannya.

3. Takut sistem lama tidak berjalan ? Migrasi itu tidak dilakukan dalam semalam. Migrasi itu dilakukan dalam beberapa tahap. Misalnya mulai dari email server dulu. Daripada menghabiskan dana puluhan juta untuk menggunakan aplikasi Exchange Server misalnya,
mengapa tidak mencoba Zimbra ? Apa dipikir Zimbra itu tampilannya culun ? Apa dipikir Zimbra itu tampilannya nggak professional ? Silakan coba dulu, baru kita bisa membandingkannya.

4. Membutuhkan waktu buat adaptasi ? Tentu saja makan waktu, tapi apa bedanya dengan adaptasi dari Lotus ke Excel dan dari Wordstar atau WordPerfect. Pasti akan butuh waktu. Nggak menyesal seumur hidup hanya kenal Windows ?? .
Pada prinsipnya, migrasi sistem yang saya endorse bukanlah memaksa setiap orang mengganti sistem Windows ke Linux melainkan ganti sistem bajakan dengan yang legal. Jika mampu membeli lisensi, silakan gunakan software propietary tapi jika tidak mampu, jangan gunakan bajakan. Gunakan Linux atau free software lainnya. Jangan berasumsi bahwa, "Ah, perusahaan nggak mau ambil resiko pakai Linux".Sangat lucu jika perusahaan tidak mau ambil resiko menggunakan Linux tapi malah justru ambil resiko masuk penjara dan kena denda.Jika kamu menjadi IT staff atau IT guys yang menangani sistem dalam suatu perusahaan, pernah nggak sih terpikir saat ada sweeping, polisi bertanya pada si boss, "Mengapa perusahaan bapak menggunakan software bajakan ?"dan jawaban si boss :"Lho, saya tidak tahu pak. Itu kan ditangani sama staff IT saya. Bapak bisa tanya ke dia..."Apakah hal diatas mungkin terjadi ? Saya jawab, sangat mungkin. Siapa orang yang mau pasang badan buat dibawa ke kantor polisi atau dipenjara ? Siapa orang yang mau dengan sukarela bertanggung jawab pada penggunaan software bajakan dan bersedia menerima resiko dipenjara ?Saran saya, jika anda bekerja sebagai IT guys, cobalah Linux. Gunakan Linux apakah itu secara dual boot atau pada komputer lain. Gunakan mulai dari lingkungan IT terlebih dahulu. Silakan ikuti panduan "Strategi Implementasi Linux".Setelah cukup yakin, mintalah pada atasan untuk melakukan legalisasi software. Gunakan perbandingan biaya dan perbandingan effort sebagai bagian dari proposal. Tidak usah memaksa perusahaan menggunakan Linux, nanti yang terjadi kita malah dibawah tekanan. Akan sangat baik jika perusahaan diminta berpikir soal biaya dan kemudian kita muncul sebagai pahlawan dengan menawarkan solusi yang lebih baik.Jika perusahaan tidak menyetujuinya, jangan kecewa. Simpan proposal anda dan jadikan sebagai bahan pembelaan jika suatu saat ditanya oleh polisi saat sweeping (kesannya kok jadi balas dendam ke perusahaan, hehehe... Ya nggak lah, bukan itu niat sebenarnya. Kalau kita sudah melaksanakan tugas, soal hasil tinggal tunggu keputusan, begitu maksudnya).Pada intinya, migrasi sistem adalah migrasi dari sistem bajakan ke sistem legal. Buang jauh-jauh paradigma takut. Gunakan rasa takut sebagai pelindung anda dalam meminimalkan resiko.
sumber :Posted by Muhammad Rivai Andargini

0 komentar

Posting Komentar

Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign