Learning by Selling / Trading

contact:mh.yunianto@gmail.com
Rahasia Top 10 Besar Google


Walaupun sudah berada di dunia Linux, mungkin Anda masih membutuhkan aplikasi Windows untuk mengetik, bermain game, atau seabrek alasan lainnya. Dunia Linux dan Windows memang berbeda, tetapi Wine bisa menyatukannya!

Maksud pernyataan di atas bukan berarti perlu diciptakan suatu sistem operasi ‘gado-gado’ Windows dan Linux, tapi cukup sebuah program yang membuat aplikasi Windows merasa seakan-akan berjalan di sistem Windows, meskipun sebenarnya berjalan di sistem Linux. Program ini dinamakan emulator dan emulator yang CHIP bahas kali ini adalah Wine.

Image

Wine biasanya digunakan oleh pengguna Windows saat berada di Linux karena belum terbiasa dengan aplikasi-aplikasi native Linux. Dengan Wine, aplikasi Windows tersebut dapat langsung dijalankan tanpa perlu berpindah ke sistem operasi Windows.
Mungkin akan timbul pertanyaan: “Bukankah Windows dan Linux merupakan sistem operasi yang secara teknis berbeda? Dapatkah Wine mengemulasi Windows dengan sempurna sehingga aplikasi Windows dapat berjalan seperti kondisi aslinya?”. Jawabannya tidak. Secara umum, ada hal-hal yang bisa diemulasikan oleh Wine, ada pula yang tidak. Suatu program Windows yang semua fungsinya berjalan sempurna di Windows bisa saja tidak berfungsi dengan sempurna saat diemulasi Wine. Bahkan ada pula program Windows yang menolak bekerja sama sekali saat diemulasikan oleh Wine. Semua risiko ini harus Anda sadari sebelum menjalankan aplikasi Windows Anda dengan Wine.

Mungkin Anda akan bertanya pula: “Apa bedanya aplikasi Windows yang dijalankan oleh VMWare (atau program sejenis seperti Qemu) dengan aplikasi yang dijalankan Wine?". Jawabannya dapat Anda lihat pada penjelasan berikut ini.

  • Wine tidak mensimulasikan seluruh sistem PC seperti halnya VMWare sehingga eksekusi program di dalam Wine pun menjadi lebih cepat.
  • Wine tidak membutuhkan memori sebanyak VMWare. Dengan demikian, kapasitas memori yang tersedia (free memory) lebih besar daripada jika memakai VMWare. Manfaat ini akan lebih terasa bila Anda berencana menjalankan lebih dari satu aplikasi Windows di Wine.
  • Kolaborasi antaraplikasi program Windows dan Linux native (misalnya saat menjalankan fungsi copy and paste) menjadi lebih mudah karena kedua program diperlakukan sama oleh Linux. Artinya, keduanya



FEATURES LINKS



Photo Gallery
Diskusi dan berbagi ilmu mengenai fotografi
Classifieds Ads
Tempat jual beli produk-produk IT
Forum Diskusi
Mari bergabung dengan komunitas IT terbesar di Indonesia!

0 komentar

Posting Komentar

Langganan: Posting Komentar (Atom)

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign

Sign by Danasoft - Get Your Free Sign